Tata Cara Aqiqah Sesuai Syariat Islam

Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, mengetahui tata cara aqiqah penting untuk melaksanakan ibadah aqiqah. Aqiqah merupakan ibadah yang ditandai dengan melakukan penyembelihan hewan, umumnya kambing, kemudian dibagikan kepada tetangga, keluarga, dan fakir miskin.

Ayah dan bunda mungkin memiliki beberapa pertanyaan sebelum melaksanakan aqiqah sang buah hati. Mulai dari bagaimana tata cara pelaksanaannya, hingga berapa jumlah hewan yang dibutuhkan untuk aqiqah bayi laki-laki dan perempuan.

Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut tata cara aqiqah, waktu pelaksanaan, hingga jumlah kambing untuk aqiqah bayi laki-laki dan perempuan.

Tata Cara Aqiqah anak Laki-laki dan Perempuan

tata cara aqiqah bayi perempuan

1. Jumlah hewan aqiqah 

Tata cara aqiqah yang pertama yakni mengenai jumlah hewan yang dibutuhkan untuk aqiqah. Penting untuk diketahui, jumlah hewan yang disembelih untuk aqiqah berbeda bagi bayi laki-laki dan perempuan. Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua ekor kambing. Sedangkan bayi perempuan diaqiqahi dengan satu ekor kambing. 

2. Kualitas hewan

Tata cara aqiqah selanjutnya yakni memastikan kualitas hewa. Syarat hewan aqiqah yakni harus memiliki kualitas yang bagus, bebas penyakit, tiada cacat, dan sehat. 

Selanjutnya, usia hewan sebaiknya minimal 1,5 tahun. Jenis kelamin hewan jantan atau betina tidak ada syarat khusus dalam pelaksanaan aqiqah.

3. Penyembelihan hewan 

Berikut beberapa persyaratan penyembelihan hewan untuk aqiqah yang hampir sama dengan qurban. 

  • Menghadap kiblat
  • Melafalkan Basmallah
  • Melafalkan takbir
  • Melafalkan shalawat nabi
  • Melafalakan doa
  • Tidak menyakiti hewan atau mematahkan tulang hewan
  • Tidak menyembelih di depan hewan lainnya
  • Mengikat anggota badan hewan
  • Membaringkan badan hewan saat disembelih
  • Mengarahkan pisau dengan cepat
  • Melakukan penyembelihan di pagi hari

4. Memasak Daging 

Daging dapat dimasak sebelum dibagikan kepada orang lain. Menurut Imam Syafi’i, daging hewan yang telah masak dapat dibagikan kepada fakir miskin, atau bisa juga mengundang mereka ke rumah.

Menurut Ibnu Qayyim, daging aqiqah yang dimasak terlebih dulu merupakan sunnah. Karena membagikan daging yang telah masak tidak merepotkan orang yang menerimanya. Hal ini dapat menambah rasa syukur kepada Allah SWT.

5. Mencukur rambut dan memberi nama

Mencukur rambut bayi juga termasuk dalam pelaksanaan ibadah aqiqah. Kemudian orang tua dapat bersedekah emas atau perak sesuai dengan berat rambut yang dicukur. 

Ayah dan bunda dapat meminta bantuan orang lain yang berpengalaman dalam mencukur rambut bayi, jika ragu mencukur rambut bayi saat aqiqah. Selanjutnya, memberikan nama yang baik untuk sang buah hati.

6. Mendoakan kebaikan sang anak

tata cara aqiqah bayi laki-laki

Ayah dan bunda dapat berdoa kepada Allah SWT untuk kebaikan sang buah hati. Memohon kepada Allah SWT agar senantiasa melindungi buah hati dari godaan syaitan dan dari pandangan yang penuh kebencian. 

Semoga Allah SWT yang Maha Perkasa mendengarkan doa-doa baik untuk sang buah hati.

Hikmah Aqiqah

Aqiqah memiliki hikmah di antaranya yakni:

  • Sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT
  • Menjalankan sunnah Rasulullah SAW
  • Momen berbagi kepada kerabat, saudara, dan sesama
  • Momen untuk saling mendoakan kebaikan-kebaikan, terutama untuk sang anak
  • Momen berbagi kegembiraan

Kapan waktu pelaksanaan Aqiqah?

waktu pelaksanaan aqiqah

Beberapa ulama memiliki pendapat yang berbeda dalam pelaksanaan aqiqah. Biasanya aqiqah dapat dilaksanakan pada hari ke tujuh, selanjutnya pada hari ke-14 atau ke-21 kelahiran bayi.

Ada juga pendapat yang menyatakan, jika orang tua belum mampu melaksanakan aqiqah pada hari tersebut, maka aqiqah dapat dilaksanakan hingga memiliki kemampuan.

Setelah mengetahui mengenai tata cara aqiqah, hikmah dan waktu pelakasanaannya, ayah bunda dapat memilih jasa layanan aqiqah yang terpercaya dan berpengalaman. Terlebih lagi, jasa layanan iBalibul Aqiqah Malang dipercaya higienis dan sesuai syariat Islam dalam melaksanakan aqiqah.

Semoga informasi mengenai tata cara aqiqah, hikmah, dan waktu pelaksanaan aqiqah ini bermanfaat, ya.

Jika ayah dan bunda ingin memenuhi kebutuhan aqiqah sang buah hati, iBalibul Aqiqah Malang siap membantu Anda melaksanakan syariat Aqiqah secara Syar’i dan Higienis.

Anda dapat langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di nomor 085100060020.  Kantor kami beralamat di Jl. Parangtritis 11A, Samaan, Klojen, jam kerja buka setiap hari 07.00 – 20.00 WIB.

Menu masakan aqiqah lezat dapat diantar hingga ke rumah. Hubungi kami sekarang.