8 Olahan Daging Kambing untuk Aqiqah

Di momen Aqiqah atau idul adha, belum lengkap rasanya jika belum merasakan menu olahan daging kambing. Aqiqah dan idul adha identik dengan menu masakan olahan kambing. Aqiqah dan idul adha juga sama-sama ibadah yang melakukan penyembelihan hewan. 

Namun, aqiqah dan idul adha memiliki tujuan ibadah yang berbeda. Aqiqah merupakan ibadah kepada Allah SWT sebagai bentuk syukur atas lahirnya seorang anak. Sedangkan idul adha merupakan ibadah kepada Allah SWT untuk menebus jiwa seperti yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS.

Setelah melakukan penyembelihan hewan dalam pelaksanaan aqiqah, biasanya umat Islam akan memasak olahan daging kambing sebelum dibagikan ke orang lain. Menu olahan yang paling sering ayah bunda temui mungkin gulai dan sate kambing. 

Untuk acara aqiqah, ayah dan bunda bisa memilih aneka olahan daging kambing selain gulai dan sate kambing. Nah, kira-kira apa saja menu olahan daging kambing selain gulai dan sate kambing? Simak rekomendasinya berikut ini, yuk!

8 Olahan Daging Kambing untuk Aqiqah

1. Tongseng kambing

8 olahan daging kambing tongseng kambing iBalibul Aqiqah Malang - Copy

Tongseng merupakan menu populer dari olahan daging kambing yang bisa ayah dan bunda sajikan saat aqiqah. Tongseng kambing dibuat dari potongan daging kambing, tengkleng atau tulang kambing. Kemudian potongan tersebut dimasak dengan berbagai bumbu rempah-rempah, santan, dan kecap. 

Biasanya tongseng kambing ditambah dengan potongan kol dan tomat agar lebih segar. Ditambah nasi hangat atau potongan lontong agar terasa makin mantap. 

Perpaduan rasa gurih dan manis membuat orang yang menyantapnya dijamin ketagihan.

2. Semur daging kambing

8 olahan daging kambing semur kambing iBalibul Aqiqah Malang - Copy

Olahan daging kambing semur cocok untuk Anda yang kurang menyukai aroma daging yang khas. Pasalnya, semur daging membuat aroma daging kambing menjadi tersamarkan. 

Semur daging kambing dibuat dari bumbu rempah-rempah yang ampuh menyamarkan aroma daging kambing.

Terlebih lagi proses memasaknya membuat tekstur daging menjadi lebih empuk.

3. Kambing Bakar Madu

8 olahan daging kambing kambing bakar madu iBalibul Aqiqah Malang - Copy

Kambing bakar madu juga cocok jika dijadikan menu aqiqah. Kambing bakar madu menjadi menu bakaran yang nikmat. Olesan madu yang manis ditambah daging atau iga kambing yang dapat mengganti sajian sate.

Jika ayah dan bunda ingin menu yang berbeda, kambing bakar madu bisa menjadi pilihan untuk menu aqiqah. Rasa gurih dan manis kambing bakar madu dapta dirasakan hingga ke bagian dalam daging yang empuk.

4. Nasi Goreng Kambing

8 olahan daging kambing nasi goreng kambing iBalibul Aqiqah Malang - Copy

Menu nasi goreng kambing menjadi menu populer yang bisa ayah dan bunda pilih untuk menu aqiqah. Nasi goreng kambing praktis dan tentu saja hampir semua orang menyukai menu nasi goreng. 

Untuk menghidangkan menu nasi goreng kambing, jangan lupa untuk memilih daging kambing dengan tekstur yang lembut. Sehingga daging kambing tidak alot saat disajikan bersama nasi goreng.

5. Tumis Kambing Kecap

 

Menu tumis kambing kecap tentu saja dapat menjadi pilihan menu lainnya yang dapat ayah dan bunda pilih untuk aqiqah sang buah hati. 

Tumis kambing kecap terdiri dari potongan daging yang dibuat dari bahan bawang, cabai rawit, dan kecap. Tumis daging kambing kecap memiliki tekstur empuk dan lembut.

Selanjutnya, tumis daging kambing kecap memiliki aroma yang khas. Biasanya dalam penyajiannya ditambahkan dengan dau jeruk, serai, serta lengkuas. 

6. Kambing rica-rica

8 olahan daging kambing kambing rica-rica iBalibul Aqiqah Malang - Copy

Menu olahan daging kambing yang juga bisa ayah dan bunda pilih yakni kambing rica-rica. Seperti menu rica-rica pada umumnya, menu olahan kambing rica-rica meimliki cita rasa pedas. Ditambah dengan daging kambing yang lembut.

Bahan dasar kambing rica-rica yakni daging kambing dengan tekstur yang lembut, berbagai bumbu rempah-rempah. Untuk menambah aroma, biasanya ditambah dengan daun jeruk dan serai.

7. Kari daging kambing

8 olahan daging kambing kari daging kambing iBalibul Aqiqah Malang - Copy

Menu kari daging kambing terbuat dari bahan bumbu santan dan bumbu rempah-rempah. Kemudian bumbu yang biasa dipakai yakni kayu manis, cengkeh, lengkuas, serai, dan lainnya. 

Kari merupakan bumbu asal India yang cocok untuk Anda yang doyan rasa kuah kental dan kaya akan bumbu.

Bagaimana ayah bunda? Tertarik memilih menu kari daging kambing untuk aqiqah?

8. Rendang kambing

8 olahan daging kambing rendang kambing iBalibul Aqiqah Malang Copy

Tak hanya daging sapi, rupanya daging kambing juga bisa diolah menjadi menu rendang. Rendang daging kambing dapat ayah bunda pilih untuk menu aqiqah. 

Rendang terbuat dari bahan-bahan bumbu rempah seperti daun serai, kunyit, bawang merah, dan lain-lain. Selanjutnya, bumbu-bumbu lainnya yakni santan.

Rendang merupakan menu makanan populer banyak kalangan di Indonesia. Maka tak heran jika rendang daging kambing juga menjadi salah satu menu favorit untuk aqiqah. 

Dalam memenuhi kebutuhan aqiqah sang buah hati, Balibul Aqiqah Malang siap membantu Anda melaksanakan syariat Aqiqah secara Syar’i dan Higienis.

Anda dapat langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di nomor 0851 0006 0020.  Kantor kami beralamat di Jl. Parangtritis 11A, Samaan, Klojen, jam kerja buka setiap hari 07.00 – 20.00 WIB.

Menu masakan aqiqah lezat dapat diantar hingga ke rumah. Hubungi kami sekarang.