5 Amalan Nisfu Sya’ban untuk Mendapat Ridho Allah SWT, Apa Saja?

Amalan Nisfu Sya’ban dapat kita lakukan di Bulan Sya’ban ini. Bulan Sya’ban merupakan bulan yang istimewa bagi umat Islam. Selain sebagai persiapan menuju bulan suci Ramadan, bulan Sya’ban juga memiliki beberapa keutamaan. Salah satu amalan yang dapat dilakukan dalam bulan Sya’ban adalah Nifsyu Sya’ban.

Nifsyu Sya’ban berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah puasa enam hari pada bulan Sya’ban. Amalan ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW sebagai bagian dari meningkatkan kualitas ibadah di bulan suci.

Puasa enam hari pada bulan Sya’ban merupakan amalan yang ringan dan mudah dilakukan oleh setiap muslim. Selain itu, puasa ini juga memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi pelakunya.

Salah satu manfaat puasa Nifsyu Sya’ban adalah dapat membersihkan hati dan memperbaiki akhlak. Dengan melakukan puasa ini, seseorang akan lebih mudah mengendalikan hawa nafsunya dan memperbaiki sikapnya dalam berinteraksi dengan sesama.

Lantas, apakah amalan Nisfu Sya’ban yang dapat kita lakukan? Simak informasi selengkapnya berikut, yuk!

Amalan Nisfu Sya’ban

1. Puasa

Puasa amalan Nisfu Sya'ban | iBalibul Aqiqah Malang

Salah satu amlan Nisfu Sya’ban yakni puasa Nifsyu Sya’ban. Puasa juga dapat membantu meningkatkan ketakwaan kita sebagai seorang hamba. Dengan berpuasa, seseorang akan lebih dekat dengan Allah SWT dan memperdalam hubungannya dengan-Nya.

Tidak hanya itu, puasa Nifsyu Sya’ban juga dapat membantu membersihkan tubuh dari racun dan memperbaiki kesehatan secara keseluruhan. Karena puasa ini dilakukan selama enam hari berturut-turut, maka tubuh akan lebih terbiasa dengan pola makan yang sehat dan teratur.

Untuk melakukan puasa Nifsyu Sya’ban, seseorang harus melakukannya pada hari-hari yang dipilih. Ada beberapa pendapat mengenai hari-hari yang tepat untuk melaksanakan puasa ini. Ada yang mengatakan bahwa puasa Nifsyu Sya’ban dilakukan pada tanggal 13 hingga 18 Sya’ban, ada juga yang mengatakan bahwa puasa ini dilakukan pada tanggal 15 hingga 20 Sya’ban.

Hadist riwayat Bukhari menjelaskan bagaimana Aisya r.a bercerita jbahwa istri Rasulullah SAW melihat beliau banyak melakukan puasa di bulan Sya’ban.

2. Membaca Surat Yasin

Membaca al qur'an amalan nisfu sya'ban | iBalibul Aqiqah Malang

Amalan nisfu sya’ban yang dapat dilakukan selanjutnya adalah membaca surat yasin.

Lakukan pembacaan Al Qur’an dengan mengharap ridho Allah SWT semata. Kemudian, memohon pada Allah SWT agar senantiasa memberi keberkahan dalam hidup dan kelak dimatikan dalam keadaan husnul khotimah.

Selain itu, fadilah surat Yasin yakni agar terhindar dari segala wabah penyakit, musibah, dan mendapatkan rezeki yang berkah dari Allah SWT.

3. Banyak Berdoa

Janji Allah SWT yakni, siapa saja hambanya yang berdoa maka akan Allah SWT kabulkan.

Doa dapat dipanjatkan kapan pun, secara khusus terdapat waktu-waktu mustajab di mana doa lebih cepat diijaba dibanding dengan waktu lainnya.

Salah satunya yakni pada malam Nisfu sya’ban, di mana umat Islam dianjurkan untuk banyak berdoa, serta meminta kebaikan yang diinginkan.

Pada malam Nisfu Sya’ban, rahmat Allah SWT turun ke bumi, Allah SWT mengampuni siapa pun yang meminta kepadaNya.

4. Membaca Syahadat

Melafalkan kalimat Syahadat dapat menjadi amalan yang kita lakukan di bulan Sya’ban.

Membaca syahadat memiliki keutamaan dan mampu mendatangkan keberkahan atas izin Allah SWT.

Umat Islam dapat mengucapkan dan memaknai kembali arti dari kalimat Syahadat.

5. Memperbanyak Istighfar

Memperbanyak istighfar dan memaknai arti kalimat Istighfar dapat kita lakukan pada malam nisfu sya’ban.

Berdzikir istighfar agar Allah SWT senantiasa memberi ampunannya pada kita.

Selain itu, keutamaan dzikir Istighfar yakni mendapatkan kemudahan rezeki, kemudahan dalam urusan, dan kesedihannya terobati.

Sehingga, memperbanyak dzikir Istighfar juga dapat kita lakukan di bulan Nisfu Sya’ban.

Selanjutnya, yang terpenting adalah niat dan tekad yang kuat untuk melaksanakan amalan Nisfu Sya’ban dengan ikhlas dan penuh kesabaran.

Selain itu, amalan Nisfu Sya’ban seperti ibadah puasa  juga dapat diiringi dengan amalan-amalan lain seperti shalat malam atau membaca Al-Quran untuk memperkuat kualitas ibadah di bulan suci Sya’ban.

Dalam Islam, amalan yang dilakukan dengan ikhlas dan penuh kesabaran akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat.

Oleh karena itu, melakukan puasa Nifsyu Sya’ban merupakan amalan yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim. Dengan melaksanakan puasa ini, seseorang dapat meningkatkan kualitas ibadahnya kepada Allah SWT.

Nah, itu dia 5 amalan Nisfu Sya’ban yang bisa kita lakukan. Semoga bermanfaat, ya!


iBalibul Aqiqah Malang melayani kebutuhan catering aqiqah dengan pelaksanaan yang syar’i dan higienis. Anda juga bisa memilih menu resep olahan daging kambing yang lezat, mulai dari kambing teriyaki, sate dan gulai kambing, dan masih banyak menu lainnya.

Pertanyaan dan informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di nomor 085100060020. Kantor kami beralamat di Jl. Parangtritis 11A, Samaan, Klojen, kantor kami buka setiap hari pukul 07.00 – 20.00 WIB.

Menu masakan aqiqah lezat dapat diantar hingga ke rumah. Hubungi kami sekarang.