Doa Aqiqahan: Menyembelih Kambing Hingga Meniup Ubun-ubun Bayi Setelah Dicukur

Aqiqohmalang.com – Selain memilih dan mempersiapkan hewan aqiqoh, ada juga rangkaian doa yang dibacakan saat prosesi aqiqah.

Doa untuk aqiqahan dimulai dengan penyembelihan hewan yang disembelih, mencukur rambut bayi sampai walimatul aqiqah doa aqiqahan.

Perlu diketahui bahwa pembahasan aqiqah disebutkan dalam hadits narasi Abu Dawud nomor 1552. Hadits menyebutkan seorang anak yang digadaikan dengan aqiqah (penyelamatan), yang dikorbankan olehnya pada hari keberangkatannya, mencukur kepalanya dan menamai dirinya.

Dalam pelaksanaannya juga terdapat bacaan doa aqiqahan yang harus dibaca secara khusus oleh orang tua (Ayah) atau imam aqiqah. Kriteria hewan untuk aqiqah memiliki kriteria yang sama untuk hewan qurban.

Ketentuan syariah Islam, Aqiqah untuk bayi perempuan berupa satu ekor kambing atau domba. sedangkan untuk bayi laki-laki dengan dua ekor kambing atau domba.

Rangkaian Doa Aqiqahan dan Terjemahannya

Berikut ini kami kutip doa aqiqah dari islam.nu.or.id. Doa-doa di bawah ini dibacakan sesuai dengan momen pelaksanaan aqiqah sebagai rasa syukur orangtua atas kelahiran putra-putrinya:

Doa Aqiqahan: Saat Menyembelih Kambing atau Domba

“Bismillahi wallahu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘ aqiqatu … (dengan sebutkan nama bayi).”

Dengan menyebut asma Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah kami, inilah aqiqahnya … (dengan sebutkan nama bayi).

Doa Aqiqahan: Saat Mencukur Rambut Bayi

“Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillahirabbil’alamin.

Allahumma nurus samawati wa nurusy syamsyi wal qamari,

Allahumma sirrullahi nurun nubuwwati Rasulullahi Shallallahu’alaihi wassalam walhamdulillahi Rabbil ‘alamin. ”

Arti doa aqiqah di atas adalah:

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Segala Puji bagi Allah, Tuhan Semesta alam,

Ya Allah, cahaya langit, matahari, dan rembulan.

Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasullullah SAW, dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.

dilanjutkan dengan meniup ubun-ubun bayi sambil mengucapkan doa:

Doa aqiqah ketika meniup ubun-ubun bayi

“Allahumma inni u’idzuha bika wa dzurriyyataha minasy syaithanir rajim”

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk.

Selanjutnya walimatul aqiqah doa aqiqah, adalah sebagai berikut:

Doa walimah al-Aqiqah (doa tasyakuran aqiqah)

“Allahummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyani wa min jami’is sayyiati wal ‘ishyani wahrishu bihadlanatika wa kafalatika al-mahmûdati wa bidawami ‘inayatika wa ri’ayatika an-nafîdzati nuqaddimu biha ‘alal qiyami bima kalaftana min huqûqi rububiyyatika al-karîmati nadabtana ilaihi fîma bainana wa baina khalqika min makarimil akhlaqi wa athyabu ma fadldlaltana minal arzaqi. Allahummaj’alna wa iyyahum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur`ani wa la taj’alna wa iyyahum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyani.”

Artinya

Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindunganmu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur’an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela

Demikian serangkaian doa aqiqahan lengkap untuk dibaca sesuai dengan momen-momen penting pelaksanaan rangkaian tata cara aqiqah semoga ungkapan rasa syukur dan bacaan aqiqah yang dipanjatkan kepada Allah SWT menjadikan anak-anak yang berbakti kedua orang tua, aamiin ya rabbal alamiin.

Doa Aqiqahan: Menyembelih Kambing Hingga Meniup Ubun-ubun Bayi Setelah Dicukur
Doa Aqiqahan Aqiqahmalang.com

Yuk kenalan dengan Aqiqah Malang Ibalibul.

Aqiqah Ibalibul Malang sudah terpercaya dan profesional dalam melayani jasa aqiqah di Malang Raya. Aqiqah Malang Ibalibul berusaha memberikan layanan yang terbaik untuk ayah dan bunda sejak tahun 2006.

Aqiqah Ibalibul Malang juga telah mendapatkan ribuan review bintang 5 dari customer. Anda bisa mengunjungi kantor Aqiqah Malang Ibalibul melalui map disini

Anda bisa berkunjung ke kantor kami setiap hari, buka mulai pukul 07.00 hingga pukul 20.00.

Atau anda bisa langsung menghubungi kami melalui telepon dan whatsapp dengan cara klik disini.

 

Supported by : Aqiqahibalibul.com

 

 

Artikel Terkait :

5 Tips dan 10 Tanya Jawab Seputaran Memilih Kambing Aqiqah - aqiqohmalang.com

5 Tips dan 10 Tanya Jawab Seputaran Memilih Kambing Aqiqah

Aqiqah Pakai Kambing Jantan atau Betina? Ini Dia 4 Penjelasannya! - aqiqohmalang.com

Aqiqah Pakai Kambing Jantan atau Betina? Ini Dia 4 Penjelasannya!

Bolehkah Aqiqah Menggunakan Jasa Aqiqah - Aqiqohmalang.com

Bolehkah Aqiqah Menggunakan Jasa Aqiqah? Simak Pengertian dan 7 Ulasannya

Leave a Comment